Filosofi Yoga dan Peranannya Bagi Umat Manusia

Filosofi Yoga

Filosofi yoga terkandung dalam setiap gerakannya manakala siapapun sedang menekuni latihan khusus olahraga unik yang satu ini. Walaupun telah ada selama lebih dari ratusan tahun lalu, yoga baru populer di kalangan generasi milenial beberapa tahun terakhir seiring meningkatnya kesadaran menjaga kesehatan. Yoga juga bisa menjadi sebuah pelarian untuk menenangkan pikiran kita setelah lelah bermain daftar idn poker.

Kata yoga sendiri memiliki akar kata dari bahasa sansekerta yang berarti sebuah penyatuan antara pelaku https://lauriekeller.com/ praktiknya dengan alam semesta. Dalam kacamata spiritual, yoga juga menandakan menyatunya umat manusia dengan Tuhannya karena mencoba untuk membangun ikatan yang khusyuk saat bermeditasi.

Filosofi Yoga dan Peranannya Bagi Umat Manusia

Pada awalnya, yoga selalu berkaitan dengan praktik keagamaan sebagai sebuah ritual yang sakral dan meningkatkan imannya terhadap Yang Maha Kuasa. Setelah memasuki abad modern, pergeseran itu mulai terjadi dan yoga mulai terbuka untuk khalayak umum sehingga perlahan – lahan melepaskan diri dari sudut pandang rohani.

Yoga pada masa dunia kuno selalu menjadi tempat berkumpulnya para pegiat rohaniawan yang ingin mencari ketenangan di negara India. Secara dasar, yoga memiliki empat pondasi landasan yaitu Bhakti, Jnana, Karma, dan Raja, di mana setiap dari jenis gerakan tersebut memiliki tujuannya masing – masing.

Seiring bertambahnya peminat yoga dari kalangan orang biasa, ia terus berkembang menjadi sebuah cabang olahraga baru yang hits dan tengah naik daun. Oleh sebab itu, yoga di masa sekarang memiliki jenis tersendiri yang lebih netral dan terpisah dari ritual rohani agar lebih bisa diterima oleh masyarakat pada umumnya.

Filosofi Yoga Berkembang Menjadi Lebih Terbuka Selama Abad 21

Filosofi yoga memiliki makna mendalam dan sakral, diciptakan oleh seorang mahaguru bernama Maharsi Patanjali yang merupakan seorang pemeluk Hindu. Beliau menyumbang kontribusi besar dalam membesarkan nama yoga sebagai sebuah ilmu terapan untuk menyehatkan jiwa maupun raga manusia secara general.

Yoga tadinya adalah hasil penafsiran Maharsi terhadap ajaran Hindu yang terkandung dalam kitab sucinya bernama Veda dan merupakan amanat agung baginya. Nama asli yoga yaitu Yuj, berarti sebuah proses terjadinya pertemuan antara roh individual dengan roh universal, purusa dan mahapurusa.

Filosofi Yoga Berkembang Menjadi Lebih Terbuka Selama Abad 21

Maharsi sendiri memiliki pandangan khusus mengenai yoga, sehingga ia menamakannya cittavrttinirodha yang berarti mengistirahatkan pikiran. Memang sesungguhnya yoga itu sendiri merupakan bentuk lain dari sebuah praktik meditasi yang memusatkan pikiran pada satu titik sehingga ia bisa beristirahat sejenak.

Maharsi juga menerbitkan sebuah buku karangannya sendiri bernama Sastra Yogasutera yang ia bagi menjadi empat bagian utama. Secara garis besar, buku tersebut memiliki total 194 sutera dan terbelah menjadi samadhipada, sadhanapada, vibhutipada, serta kailvalyapada.

Tujuan utama menjalani yoga adalah supaya tubuh kita senantiasa berada pada kondisi terbaiknya berkenaan dengan kesehatan serta kebugaran. Untuk itulah, yoga perlu mendapatkan bimbingan dari seorang ahli agar bisa membimbing pemula mengenai latihan olah napas yang baik dan benar.

Kontroversi Dari Sebuah Jenis Olahraga Terbaru

Filosofi yoga sebenarnya perlu juga dipelajari oleh siapapun yang sedang mempertimbangkan untuk mengikuti kelas tersebut. Alasannya jelas, supaya ia tidak salah kaprah dan mencampur adukkan kebutuhan akan berolahraga dengan konspirasi penyebaran aliran Hindu secara tersembunyi dan terencana.

Iran merupakan salah satu negara yang cukup paranoid dalam memandang yoga sebagai sebuah ancaman karena mayoritas penduduknya memeluk muslim. Bahkan sempat heboh mengenai larangan yoga di Iran berkenaan atribut yang dianggap tak pantas oleh pemerintah setempat karena terlalu ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh sensual perempuan.

Kontroversi Dari Sebuah Jenis Olahraga Terbaru Filosofi Yoga

Padahal soal pandangan boleh saja pro dan kontra seperti halnya di situs sbobet, karena itu sudah menjadi sebuah hal biasa yang selalu terjadi dalam bidang apapun juga di dunia ini. Hanya saja, bagaimana cara memandangnya tergantung seberapa kotor isi pikiran kita, mau menganggapnya sebagai sarana olahraga ataukah pemancing gairah seksual yang berasal dari pemikiran mesumnya?

Yoga bahkan memiliki sejumlah peraturan khusus yang mesti kita jalani apabila ingin mencapai potensi maksimalnya selama berlatih. Salah satunya yaitu wajib memulai aktifitas yoga di pagi hari agar tubuh masih fresh, serta menghindari makan setidaknya tiga jam sebelum masuk ke sesi latihan.

Praktisi yoga sejati akan melarang para muridnya untuk banyak mengobrol sepanjang berlangsungnya latihan, bahkan untuk sekedar tertawa sekalipun. Pasalnya, kegiatan tersebut dapat mendistraksi pemusatan konsentrasi sehingga tujuan akhir dari kegiatan yoga jadi gagal tercapai.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>